FUNGSI BELAJAR BAHASA INDONESIA

 "Berbeda-beda teteapi tetap satu jua"

        Bangsa Indonesia tidak akan pernah lepas dari yang namanya perbedaan. Berbeda agama, suku, budaya, bahkan berbeda karakteristik suatu wilayah adaah hal yang biasa bagi bangsa Indonesia. Perbedaan bahasa adalah hal yang paling menonjol diantara yang lainnya. Tak jarang dalam suatu wilayah yang sama, kita menemukan perbedaan bahasa yang sangat mencolok.

         Banyak orang mengatakan bahwa bahasa adalah kunci dari mengatasi adanya perbedaan. Hal ini memang benar, karena sejalan dengan fungsi dari sebuah bahasa itu sendiri yaitu sebagai alat komukasi. Dengan memahami bahasa, yang tak lain dan tak bukan bahasa indonesia, kita bisa berkomunikasi dengan lawan bicara kita. Yang mana hal tersebut dapat membantu kita dalam memahami satu sama lain secara baik dan benar. Dengan saling memahami, kita sudah berkontribusi dalam hal meminimialisir adanya kesalahpahaman yang berakibat buruk untuk kedepannya.

        Belajar bahasa, terutama bahasa indonesia adalah habbit atau kebiasaan yang harus kita bangun mulai dari sekarang. Belajar bahasa indonesia tidak sesederhana belajar menyusun kalimat kemudian menyampaikannya. Belajar bahasa indonesia jauh lebih luas cakupannya daripada itu. Kita dituntut untuk paham akan konteks orbrolan, paham akan situasi obrolan apakah formal atau informal, serta harus memastikan bahwa bahasa indonesia yang kita gunakan sudah sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa indonesia.

        Bahasa indonesia adalah bahasa resmi kita, jatidiri bangsa kita, dan identitas negara kita. Kita haruslah bangga dengan cara terus belajar bahasa indonesia. Ini adalah sebuah sikap yang mencerminkan nasionalisme atau cinta tanah air. Dengan kita terus belajar, kita juga turut melestarikan bahasa indonesia. Kita sebagai mahasiswa, juga berpontensi dalam mengenalkan bahasa indonesia ke dunia luar melalui berbagai program kemahasiswaan. Dengan begitu, bahasa indonesia tidak hanya abadi dalam bangsa sendiri, teapi bisa juga dikenal negara lain.

    Ibarat peribahasa sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit. Perubahan atau peningkatan pemahaman kita terhadap bahasa indonesia yang sedikit-sedikit tetapi dilakukan secara konsisten pasti akan membuahkan hasil. Belajar bahasa tidaklah bisa dalam suatu waktu atau periode tertentu saja. Belajar bahasa adalah sebuah proses dimana kita membutuhkan waktu yang panjang. Karena semakin kita belajar, kita justru semakin merasa bahwa kita tidak tahu apa-apa.

        Maka dari itu, belajar bahasa indonesia adalah suatu hal wajib yang harus kita lakukan. Karena sesuai dengan fungsinya yakni sebagai alat komunikasi. Melalui bahasa, kita juga dapat menyatukan perbedaan yang ada, sehingga bahasa juga memiliki fungsi sebagai alat pemersatu bangsa. Selain itu, dengan belajar bahasa indonesia kita juga turut berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa indonesa yaitu bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Layaknya semboyan kita, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua, meskipun kita berbeda, kita tetap bisa bersatu yaitu melalui Bahasa Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBAHASA YANG SANTUN DALAM SITUASI RESMI

BERBAHASA YANG SANTUN DALAM SITUASI NONRESMI

PEMAKAIAN BAHASA LISAN DAN TULIS DALAM BERBAGAI KONTEKS