TERAMPIL BERBICARA DI DEPAN PUBLIK

 

            Terampil berbicara di depan publik adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap orang. Dengan mengembangkan keterampilan ini makan akan membantu kita dalam meningkatkan kerpercayaan diri terlebih pada saat berbicara di depan banyak orang. Selain itu, dengan terampil berbicara di depan publik, secara tidak langsung kita juga sudah mengembangkan kemampuan-kemampuan lain seperti: keterampilan berpikir, kemampuan dalam bersosial, kemampuan dalam menyampaikan ide dan gagasan, bahkan dengan terampil berbicaa dapet meningkatkan pengetahuan kita.

            Berbicara bukan lah hal yang gampang. Hal ini karena dalam hal berbicara di depan publik membutuhkan setidaknya dua poin besar yaitu ketrampilan dan keberanian. Sebenarnya kedua poin ini dapat dipelajari seiring berjalannya waktu. Tetapi yang menjadi pr besar adalah poin tentang keberanian. Banyak orang cenderung sukar untuk berbicara di diepan umum dikarenakan takut. Takut akan respon orang lain nantinya, takut akan bagus tidaknya cara kita dalam mengungkapkan ide gagasan, serta ketakutan ketakuuan lain yang sebenarnya wajar untuk orang yang baru memulai untuk berbicara didepan publik.

            Terampil berbicara di pulik erat kaitannya dengan keterampilan kita dalam berbahasa. Dalam berbahasa, sebenarnya ada empat keterampilan yang harus kita kuasai yaitu keteraimpilan menyimak, memirsa, berbicara, serta membaca dan menulis. Keemepat keterampilan ini harus kita pelajari secara bertahap dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan menggabungkan atau mengkoloborasi keempatnya, dapat mengantarkan kita untuk menguasai hardskill maupun softskill yang kita inginkan di kemudian hari.

            Sebagai pembelajar bahasa indonesia, kita juga dituntut untuk menguasi enam literasi dasar dalam bahasa Indonesia. Enam literasi yang dimaksud yaitu, literasi menulis dan membaca, literasi numerik, literasi keuangan, literasi digital, literasi sains, serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Dengan mulai belajar menguasai keenam literasi ini, maka dapat membantu kita dalam menjadi sumber daya manusia yang cerdas, kreatif, inovatif, produktif, berkarakter, serta sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBAHASA YANG SANTUN DALAM SITUASI RESMI

BERBAHASA YANG SANTUN DALAM SITUASI NONRESMI

PEMAKAIAN BAHASA LISAN DAN TULIS DALAM BERBAGAI KONTEKS